Senin, 08 Februari 2016

Ini Dia Manfaat Gel Silika  Yang Belum Anda Tahu


Ketika membeli makanan kemasan, obat-obatan tablet dalam kemasan, alat-alat elektronik dan lainnya, Anda pasti pernah menemukan bungkusan kecil yang berisi butiran-butiran kecil seperti kaca dalam kotak maupun botol yang dibeli. Tahukah anda bahwa butiran-butiran itu disebut Gel Silika? dan apa fungsinya?


Gel silika adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori, silika dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Walaupun namanya, gel silika padat. Gel silika adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Ia memiliki ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki afinitas yang kuat untuk molekul air.

 Fungsi utama gel silika adalah sebagai pengering atau mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan. Para pabrikan mengetahui hal ini, karena itu mereka selalu memakai gel silika dalam setiap pengiriman barang-barang mereka yang disimpan dalam kotak. Gel Silika merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun.

Dalam banyak keadaan, kelembaban mendorong pertumbuhan jamur dan pembusukan. Kondensasi juga dapat merusak barang-barang lainnya seperti elektronik dan dapat mempercepat dekomposisi bahan kimia, seperti dalam pil vitamin. Melalui masuknya paket gel silika, barang-barang tersebut dapat dipertahankan lagi.

Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa mengubah kondisi zatnya. Walaupun dipegang, butiran-butiran  ini tetap kering. Gel Silika yang siap untuk digunakan berwarna biru, ketika telah menyerap banyak kelembapan, ia akan berubah warnanya menjadi pink (merah muda). Ketika ia berubah menjadi warna pink (merah muda), ia tidak bisa lagi menyerap kelembapan. Ia harus diregenerasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menghangatkannya di dalam mesin oven. Panasnya mengeluarkan kelembapan, lalu ia akan berubah warnanya menjadi biru dan kembali bisa digunakan.


Silica gel berada dalam eksistensi pada awal tahun 1640 sebagai keingintahuan ilmiah. Digunakan dalam Perang Dunia I untuk adsorpsi uap dan gas dalam tabung masker gas. Rute sintetis untuk memproduksi Gel Silika telah dipatenkan oleh profesor kimia Walter A. Patrick di Johns Hopkins University, Baltimore, Maryland, USA pada tahun 1919.

Pada Perang Dunia II, Gel Silika sangat diperlukan dan dipercaya oleh pemerintah dan pelaku industri dalam  menjaga penisilin agar tetap kering. Begitu juga sering ditemukan dalam kotak paket dan pengiriman film, kamera, teropong, alat-alat komputer, sepatu kulit, pakaian, makanan dan peralatan peralatan lainnya dengan membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan.

Gel Silika ini paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, biasanya 2 x 3 cm (0,79 × 1,2 di dalam)) paket kertas. Karena dopan beracun dan penyerapan yang sangat tinggi dari kelembaban, pada paket Gel Silika biasanya tertera peringatan bagi pengguna untuk tidak dimakan isinya.


 Jika suatu saat ponsel Anda basah terkena air, segera matikan ponsel dan lepaskan baterai beserta kartu SIM-nya, keringkan bagian luar yang basah dengan kain yang kuat menyerap air. Kemudian ambil paket Gel Silika dan tempatkan dalam sebuah kaleng atau wadah dan tutup dengan rapat bersama ponsel didalamnya sekitar 2 x 24 Jam. Gel Silika akan menyedot dan menyerap kelembapan di dalam ponsel.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com